Selamat datang di Blog Pisang Parasidiaca

Senin, 09 Januari 2017

Membuat Surat Resmi di MS Word 2010

Surat resmi biasanya banyak dipakai untuk keperluan instansi, organisasi, keperluan dinas, atau kepentingan antar perusahaan. Meski begitu surat resmi tidak harus selalu dibuat oleh kelompok, bisa juga dibuat oleh individu.

Contoh surat resmi yang dibuat oleh individu adalah surat lamaran kerja, atau surat pengunduran diri dimana cara penulisan surat tersebut menggunakan format surat resmi yang berlaku dan bahasa yang digunakan merupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Surat ini dibuat dalam berbagai kegiatan resmi seperti di sekolah, dinas atau di berbagai instansi pemerintah.

Pada paragraf di atas dapat diambil kesimpulan bahwa surat resmi merupakan surat yang digunakan dalam berbagai urusan resmi baik secara personal, instansi atau organisasi. Surat resmi biasanya dibuat untuk menyampaikan informasi tertulis oleh satu pihak ke pihak yang lain.

Fungsi dari surat resmi biasanya mencakup lima hal berikut. Sebagai sarana pemberitahuan, buah pemikiran, permintaan, gagasan serta sebagai pedoman kerja. Meski saat ini sudah jarang digunakan dalam komunikasi pribadi karena sudah tergantikan dengan berbagai media lain yang lebih modern.

Tetapi untuk kegiatan yang bersifat formal tentu dibutuhkan komunikasi lewat surat, karena bila menggunakan ponsel tentu terlihat tidak profesional sehingga akan ditolak. Lalu bagaimana bila tidak bisa membuat surat resmi? Tenang saja kami akan memberikan cara membuat surat resmi lengkap dengan contohnya. Kamu bisa langsung download contohnya secara lengkap disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar